Pengembangan Catur Strawberry Prolog.

Pada Postingan Kali ini saya akan memosting makalah dari pengembangan game yang saya lakukan menggunakan Strawberry Prolog. Dikarenakan file dan gambar sangat banyak maka saya tidak dapat memosting semua ke dalam blog akan tetapi dapat di download pada halaman blog ini.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang

Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga bahasa non prosedural.  Prolog disebut sebagai object oriented language atau declarative language. Dalam prolog tidak terdapat prosedur, tetapi hanya tampilan data-data object (fakta) yang akan diolah dengan relasi antar object yang membentuk suatu aturan. Aturan-aturan ini disebut heuristikdan diperlukan dalam mencari suatu jawaban, dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah database.

Dikarenakan Strawberry prolog biasa digunakan untuk pembuatan beberapa game atau project yang berbasis AI (Artificial Inteligence), dan Permainan Catur merupakan permainan yang membutuhkan lawan yang memiliki Inteligence. Untuk mengurangi keterbatasan dalam Permainan Catur maka dibuatlah sebuah game dengan menggunakan bahasa pemograman Strawberry Prolog, Penulis mengembangkan fitur pada permainan catur yang sudah ada saat ini.

1.2.            Batasan Masalah
Berdasarkan uraian pada Latar Belakang, maka penulis membatasi bagaimana pengembangan “Permaian Catur” menggunakan Strawberry Prolog. Dimana pengembangan yang dilakukan meliputi menambahkan waktu, mengganti bidak-bidak, mengganti papan catur.

1.3.            Tujuan Masalah
Adapun tujuan masalah adalah melakukan pengembangan pada pemaian catur dan mengurangi kebosanan dengan bidak dan papan catur yang biasanya.




SELANJUTNYA DAPAT ANDA DOWNLOAD DI SINI
http://www.4shared.com/file/c44BmuOm/Makalah_Softskill.html

1 comment:

Copyright © 2013 BUDIAZIZ KIRANA