Star UML (Unified Modelling Languange)

1.      UML (Unified Modelling Languange)
Unified Modeling Language (UML) adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk mendukung pengembangan sistem tersebut. UML mulai diperkenalkan oleh Object Management Group, sebuah organisasi yang telah mengembangkan model, teknologi, dan standar OOP sejak tahun 1980-an. Sekarang UML sudah mulai banyak digunakan oleh para praktisi OOP. UML merupakan dasar bagi perangkat (tool) desain berorientasi objek dari IBM.

            UML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan mendokumentasikan suatu sistem informasi. UML dikembangkan sebagai suatu alat untuk analisis dan desain berorientasi objek oleh Grady Booch, Jim Rumbaugh, dan Ivar Jacobson. Namun demikian UML dapat digunakan untuk memahami dan mendokumentasikan setiap sistem informasi.Penggunaan UML dalam industri terus meningkat. Ini merupakan standar terbuka yang menjadikannya sebagai bahasa pemodelan yang umum dalam industri piranti lunak dan pengembangan sistem.

2. Diagram UML
UML menyediakan 10 macam diagram untuk memodelkan aplikasi berorientasi objek, namun disini saya akan menjelaskan 4 buah saja, yaitu :

A.      Use Case Diagram
-          Use case class digunakan untuk memodelkan dan menyatakan unit fungsi/ layanan yang disediakan oleh sistem (or bagian sistem: subsistem atau class) ke pemakai.
-          Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang diberi label nama sistem.
-          Use case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal.
Fungsi yang ada pada use case diagram dapat dilihat pada tabel 1 dibawah ini.

Tabel 1. Use Case Diagram
Nama
Gambar
Keterangan
Use case



gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun
Actor


Memberikan informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem atau keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem.

Association


menghubungkan link antar element.

DirectedAssociation



Melanjutkan link dari Association ke element

Generalization



Sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya.

Dependency


Sentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.


B.       Class Diagram
Class diagram digunakan untuk menampilkan kelas-kelas dan paket-paket di dalam system. Class diagram memberikan gambaran system secara statis dan relasi antar mereka.




Fungsi yang ada pada class diagram dapat dilihat pada tabel 2 dibawah ini.
Tabel 2. Class Diagram
Nama
Gambar
Keterangan
Class
  

sesuatu yang membungkus informasi dan perilaku.
Package


Untuk mengelompokkan kelas-kelas yang mempunyai kesamaan. 
Association



menghubungkan link antar element.

DirectedAssociation


Melanjutkan link dari Association ke element

Generalization


Sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya.

Dependency


Sentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.


  
C.       Activity Diagram
Activity diagram adalah representasi grafis dari alur kerja tahapan aktivitas. Diagram ini mendukung pilihan tindakan, iterasi dan concurrency.

Fungsi yang ada pada activity diagram dapat dilihat pada tabel 3 dibawah ini.
Tabel 3. Activity Diagram
Nama
Gambar
Katerang
Initial State



digunakan untuk memulai suatu workflow pada sebuah Activity Diagram 
Final State

digunakan untuk mengakhiri suatu workflow pada sebuah Activity Diagram biasanya pada beberapa activity diagram ditemukan lebih dari satu FinalState. 

Signal

Mengirin dam menerima state
Action State

digunakan untuk aktivitas yang dilakukan oleh user 

Syncronation


Menggabungkan atau memisah transition

Decision


sebagai pilihan untuk mengambil keputusan. 

Transition

menunjukan kegiatan berikutnya setelah suatu kegiatan sebelumnya.
Selftranssition

Menunjuk kegiatan kepada dirinya sendiri
Swimlane(vertikal)

Swimlane adalah sebuah kolom dalam activity diagram yang memisahkan
aktivitas atau event berdasarkan orang atau departemen yang bertanggung jawab atas aktivitas atau event yang berhubungan.

D.      Sequensial Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu.

Fungsi yang ada pada sequensial diagram dapat dilihat pada tabel 4 dibawah ini
Tabel 4. Sequensial Diagram
Nama
Gambar
Keterangan
Object
  


Memberi gambaran sebagai tempat media objeck

Stimulus


Melakukan kegiatan ke object lain

SelfStimulus


Melakukan kegiatan ke dirinya sendiri.



0 comments:

Copyright © 2013 BUDIAZIZ KIRANA