Star UML (Unified Modelling Languange)
1.
UML (Unified Modelling Languange)
Unified Modeling
Language (UML) adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain
program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya. UML
adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool
untuk mendukung pengembangan sistem tersebut. UML mulai diperkenalkan oleh Object Management Group, sebuah
organisasi yang telah mengembangkan model, teknologi, dan standar OOP
sejak tahun 1980-an. Sekarang UML sudah mulai banyak digunakan
oleh para praktisi OOP. UML merupakan dasar bagi perangkat (tool) desain berorientasi objek dari IBM.
UML adalah suatu
bahasa yang digunakan untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan
mendokumentasikan suatu sistem
informasi. UML dikembangkan sebagai suatu alat untuk analisis dan desain
berorientasi objek oleh Grady Booch, Jim Rumbaugh, dan Ivar Jacobson. Namun
demikian UML dapat digunakan untuk memahami dan mendokumentasikan setiap sistem
informasi.Penggunaan UML dalam industri terus meningkat. Ini merupakan standar
terbuka yang menjadikannya sebagai bahasa pemodelan yang umum dalam industri piranti
lunak dan pengembangan sistem.
2. Diagram UML
UML menyediakan 10
macam diagram untuk memodelkan aplikasi berorientasi objek, namun disini saya
akan menjelaskan 4 buah saja, yaitu :
A. Use Case Diagram
-
Use case class digunakan untuk
memodelkan dan menyatakan unit fungsi/ layanan yang disediakan oleh sistem (or
bagian sistem: subsistem atau class) ke pemakai.
-
Use case dapat dilingkupi dengan batasan
sistem yang diberi label nama sistem.
-
Use case adalah sesuatu yang menyediakan
hasil yang dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal.
Fungsi yang ada pada use case diagram
dapat dilihat pada tabel 1 dibawah ini.
Tabel
1. Use Case Diagram
Nama
|
Gambar
|
Keterangan
|
Use case
|
|
gambaran
fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem
paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun
|
Actor
|
|
Memberikan
informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem atau
keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem.
|
Association
|
|
menghubungkan
link antar element.
|
DirectedAssociation
|
|
Melanjutkan
link dari Association ke element
|
Generalization
|
|
Sebuah
element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya.
|
Dependency
|
|
Sentuk
assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.
|
B. Class
Diagram
Class diagram digunakan
untuk menampilkan kelas-kelas dan paket-paket di dalam system. Class diagram
memberikan gambaran system secara statis dan relasi antar mereka.
Fungsi yang ada pada class diagram dapat
dilihat pada tabel 2 dibawah ini.
Tabel 2. Class Diagram
Nama
|
Gambar
|
Keterangan
|
Class
|
|
sesuatu
yang membungkus informasi dan perilaku.
|
Package
|
|
Untuk
mengelompokkan kelas-kelas yang mempunyai kesamaan.
|
Association
|
|
menghubungkan
link antar element.
|
DirectedAssociation
|
|
Melanjutkan
link dari Association ke element
|
Generalization
|
|
Sebuah
element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya.
|
Dependency
|
|
Sentuk
assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.
|
C. Activity
Diagram
Activity diagram adalah
representasi grafis dari alur kerja tahapan aktivitas. Diagram ini mendukung
pilihan tindakan, iterasi dan concurrency.
Fungsi yang ada pada activity diagram dapat
dilihat pada tabel 3 dibawah ini.
Tabel 3. Activity Diagram
Nama
|
Gambar
|
Katerang
|
Initial State
|
|
digunakan
untuk memulai suatu workflow pada sebuah Activity Diagram
|
Final State
|
|
digunakan
untuk mengakhiri suatu workflow pada sebuah Activity Diagram biasanya pada
beberapa activity diagram ditemukan lebih dari satu FinalState.
|
Signal
|
|
Mengirin
dam menerima state
|
Action State
|
|
digunakan
untuk aktivitas yang dilakukan oleh user
|
Syncronation
|
|
Menggabungkan
atau memisah transition
|
Decision
|
|
sebagai
pilihan untuk mengambil keputusan.
|
Transition
|
|
menunjukan
kegiatan berikutnya setelah suatu kegiatan sebelumnya.
|
Selftranssition
|
|
Menunjuk
kegiatan kepada dirinya sendiri
|
Swimlane(vertikal)
|
|
Swimlane
adalah sebuah kolom dalam activity diagram yang memisahkan
aktivitas
atau event berdasarkan orang atau departemen yang bertanggung jawab atas
aktivitas atau event yang berhubungan.
|
D. Sequensial
Diagram
Sequence diagram
menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk
pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap
waktu.
Fungsi yang ada pada sequensial diagram
dapat dilihat pada tabel 4 dibawah ini
Tabel 4. Sequensial Diagram
Nama
|
Gambar
|
Keterangan
|
Object
|
|
Memberi
gambaran sebagai tempat media objeck
|
Stimulus
|
|
Melakukan
kegiatan ke object lain
|
SelfStimulus
|
|
Melakukan
kegiatan ke dirinya sendiri.
|
0 comments: