Pengertian Kompilator, Interpreter, token, delimeter

KOMPILATOR
Kompilator (Inggris: compiler) adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.

kompilator biasa digunakan untuk program komputer yang menerjemahkan program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (semacam bahasa PascalC++BASICFORTRANVisual BasicVisual C#JavaxBase, atau COBOL) menjadi bahasa mesin, biasanya dengan bahasa Assembly sebagai perantara.

INTERPRETER
penerjemah atau lebih dikenal dengan interpreter merupakan perangkat lunak yang berfungsi melakukan eksekusi sejumlah instruksi yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman, sebuah penerjemah dapat berarti:

1. Mengeksekusi kode sumber secara langsung, atau
2. Menerjemahkannya ke dalam serangkaian p-code kemudian mengeksekusinya, atau
3. Mengeksekusi kode yang telah dikompilasi sebelumnya oleh kompiler yang merupakan bagian dari sistem penerjemahan.

TOKEN
Pengertian token adalah sebuah unit atau elemen dasar bahasa komputer (seperti ‘kata’ di bahasa manusia), dimana unit tersebut tidak terbagi lagi. Token merupakan bagian hasil dari pemecahan sumber program yaitu penerjemahan lexeme pada saat melakukan scanner.

DELIMITER
Delimiter adalah Urutan satu karakter atau lebih yang dipakai untuk membatasi atau memisahkan data yang disajikan dalam plain text. Salah satu contoh dari delimiter adalah tanda koma, titik koma atau titik dua.

SUMBER:


0 comments:

Copyright © 2013 BUDIAZIZ KIRANA