Perusahan yang bergerak dalam bidang teknologi Informatika yaitu Smartfren
“Di
dalam kehidupan kita yang dinamis dan penuh perubahan, konektivitas telah
menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. Smartfren fokus untuk memenuhi kebutuhan
konsumen dengan menghadirkan berbagai solusi, produk dan layanan inovatif agar
konsumen dapat menikmati smart life.”
Profil
Singkat Perusahaan
PT Smartfren
Telecom, Tbk. adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi
CDMA yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (fixed wireless
access), serta memiliki cakupan jaringan CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband
yang setara dengan 3G) yang terluas di Indonesia. Smartfren juga merupakan
operator telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO
Rev. B (setara dengan 3,5G dengan kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) dan operator
CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry.
Jasa dan
layanan Smartfren memiliki nilai-nilai (values) yaitu sebagai mitra yang
terbaik bagi pelanggan dengan menawarkan solusi yang cerdas dalam
layanan-layanan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman hidup pelanggan
dalam berkomunikasi.
Sebagai
operator CDMA yang menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi bergerak
(mobile broadband) yang terluas di Indonesia, Smartfren berkomitmen untuk
menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang terjangkau bagi masyarakat dengan
kualitas terbaik.
Perseroan memiliki nilai-nilai yang dianut dan
dipegang teguh dalam menjalankan usahanya yaitu sebagai berikut:
1.
Integritas
Menempatkan perkataan atau ucapan kepada suatu
tindakan nyata sehingga dapat dipercaya orang lain.
2.
Sikap Positif
Menunjukkan dorongan sikap positif untuk menuju
terciptanya lingkungan kerja kondusif dan saling menghargai.
3.
Komitmen
Melakukan pekerjaan secara sungguh-sungguh dengan
hati untuk menciptakan hasil terbaik.
4.
Kesetiaan
Menumbuhkan semangat pengertian dan menerapkan nilai
utama Perseroan sebagai bagian dari keluarga besar Unit Usaha Sinarmas.
5.
Inovatif
Mengutarakan ide atau menciptakan produk, alat,
sistem baru yang dapat meningkatkan produktifitas dan pertumbuhan Perseroan.
6.
Perbaikan Terus Menerus
Senantiasa meningkatkan kemampuan diri, unit kerja
danorganisasi untuk mencapai hasil terbaik.
Sejarah
Perseroan
Perseroan didirikan pada bulan Desember 2002. Pada
tahun 2003, Perseroan melakukan akuisisi dua operator telepon selular berlisensi,
yaitu Komselindo dan Metrosel. Setelah akuisisi tersebut, Perseroan mulai
beroperasi sebagai penyelenggara jasa selular berbasis teknologi CDMA.Perseroan
meluncurkan produk Prabayar dengan merk “FREN” yang dioperasikan pada Desember
2003 dengan berbasis jaringan CDMA 2000-1X, dan disusul pada April 2004,
peluncuran produk Pascabayar pada jaringan yang sama. Seiring dengan
perkembangannya, Perseroan mengakuisisi satu lagi operator telepon berlisensi
selular yaitu Telesera. Perseroan kemudian menyelesaikan peralihan sistem telekomunikasi
yang digunakan oleh ketiga operator berlisensi tersebut dari sistem selular
analog (AMPS) menjadi sistem selular digital CDMA.
Pada tahun 2006, Perseroan meluncurkan layanan 3G
melalui jaringan CDMA EVDO, serta melakukan pencatatan perdana saham pada Bursa
Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta). Tahun 2007, Perseroan menerbitkan
obligasi Rupiah pertamanya yang juga dicatatkan di Bursa Efek Indonesia.
Kemudian Perseroan juga menerbitkan Eurobond yang dicatatkan di Bursa
Efek Singapura.
Pada April 2008, Perseroan memperkenalkan fitur baru
yaitu “World Passport” yang menjadikan Perseroan menjadi operator CDMA
pertama di dunia yang bergabung dengan Asosiasi GSM. Hal ini memungkinkan
pelanggan dapat melakukan roaming internasional keberbagai penjuru dunia, baik
di jaringan selular CDMA maupun GSM.
Pada Mei 2008, Perseroan meluncurkan produk FWA (Fixed
Wireless Access) Prabayar. Pada Februari 2009 Perseroan meluncurkan produk
baru yaitu layanan Mobile Data pascabayar dan prabayar. Untuk lebih melengkapi
portofolio produknya, pada Mei tahun yang sama Perseroan meluncurkan layanan
FWA Pascabayar dan Fren Duo, yaitu layanan hybrid yang menggabungkan
layanan selular dan FWA, dengan fitur ini pelanggan dapat memiliki dua nomor
FWA dan selular dalam satu kartu. Pada tahun 2010 Perseroan meluncurkan 2 kartu
perdana baru dengan keunggulan yang berbeda, Fren Extra dan Fren Jos. Fren Extra
memberikan bonus volume data ketika mengirim SMS dan bonus pulsa ketika menerima
panggilan. Sedangkan Fren Jos adalah produk hybrid seperti Fren Duo yang
memberikan berbagai bonus SMS, bonus volume data dan bonus pulsa setiap
pengisian pulsa biasa.
Pada awal tahun 2011, Perseroan melakukan aksi
korporasi dengan meningkatkan modal ditempatkan dan disetor penuh untuk mengakuisisi
PT Smart Telecom (Smartel) dan kemudian melakukan perubahan nama dari sebelumnya
PT Mobile-8 Telecom Tbk menjadi PT Smartfren Telecom Tbk. Aksi korporasi ini
bertujuan untuk melakukan sinergi dengan Smartel dalam berbagai aspek, di
antaranya pengembangan infrastruktur jaringan, peningkatan efisiensi
operasional, perluasan jaringan pemasaran dan penggabungan merek dagang menjadi
“smartfren”.
Pada Juni 2011, Perseroan meluncurkan produk unggulan
yaitu USB Modem tipe AC682, dibarengi dengan kampanye “I hate slow” dengan
maskot baru bernama Mr. Kwik. Layanan data ini menghadirkan akses data
kecepatan tinggi dengan mengusung teknologi EV-DO Rev. A dengan kecepatan download
mencapai 3,1 Mbps.
Pada akhir tahun 2011, Perseroan kembali meluncurkan
gebrakan baru dengan mengusung teknologi CDMA EV-DO Rev. B yang menghadirkan
layanan internet super cepat dengan kecepatan download mencapai 14,7
Mbps.
Pada awal tahun 2012, Perseroan melakukan aksi korporasi
lagi dengan melakukan Penggabungan Nilai Saham (Reverse Stock Split) untuk
menghidupkan kembali perdagangan sahamnya di bursa efek, dan diikuti dengan
Penawaran Umum Terbatas II yang dimaksudkan untuk memperkuat struktur
permodalan Perseroan.
Pada tahun 2012, Perseroan melanjutkan ekspansi
dengan terus mengembangkan cakupan jaringan dan varian produk. Beberapa produk
yang diluncurkan pada jajaran smartphone berbasis Android adalah Seri Andromax, yang
diluncurkan sepanjang 2012 dengan beberapa tipe varian (Smartfren Andro,
Andromax-i, dan Andromax Tab 7.0). Perseroan juga menyediakan layanan
BlackBerry kepada pelanggan, dengan beragam paket berlangganan sesuai kebutuhan
dari pelanggan di antaranya paket Hebat, Hemat Simple, Mail, Social, dan
Sosialita. Pada segmen feature phone Perseroan meluncurkan produk unggulan
seperti telepon genggam X-Stre@m EV-DO Hotspot danJambu. Pada produk USB modem,
Perseroan meluncurkan berbagai varian seperti USB modem super tipis CE/AC782
dengan teknologi EV-DO Rev. A, USB modem WiFi EV-DO Rev. B DF 79B, Mini
Router AR910B dan WiFi Router HR950B yang mengusung teknologi EV-DO
Rev. B. Di samping itu Perseroan juga meluncurkan layanan data yang baru yang
dikenal dengan Smartfren Connex EVO (Extra Volume Only) yang
merupakan paket langganan data dimana pulsa isi ulang (top-up) akan
otomatis dikonversi menjadi volume data sesuai dengan besarnya denominasi
pulsa.
Perseroan juga melakukan ekspansi untuk memperluas
jangkauan areanya yaitu dengan menambah jumlah BTS (Base Transceiver Stations)
dengan cara menyewa ke beberapa penyedia menara.Terkait dengan layanan
data, Perseroan juga menambah kapasitas lebar pita dalam negeri maupun keluar
negeri untuk memastikan kenyamanan dari pelanggan yang menggunakan internet khususnya
untuk dapat terus menikmati pengalaman berinternet yang cepat dan memuaskan.
Pada akhir 2012, jangkauan layanan Perseroan telah
mencakup seluruh pulau Jawa–Bali, sebagian wilayah Sumatera Utara dan Sumatera
Selatan, Sulawesi, serta Kalimantan. Perseroan memiliki kurang lebih 11 juta
pelanggan, dengan didukung oleh 83 galeri milik sendiri dan 70 Smile galeri
hasil kerjasama dengan distributor yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
Produk PT
Smarftfren Telecom, Tbk :
1.
Kartu Smartfren : Pra Bayar, Pasca Bayar
2.
Kartu Ummat
3.
Smartphone & Tablet : Andro
4.0, Andromax 3.5, Andromax-i 4.0, Andromax Tab 7.0, Andromax Tab 7.0 New, HTC
Desire VC, Andromax-U 4.5, Andromax-i 4.0 New, Andromax C, Ascend W1, Andromax
V 5.0, Alcatel One Touch, Andromax U 4.5 Limited, HTC One, Andromax U2
4.
Basic Phone : Xstream E781A, Xstream Hotspot,
Driver Xstream Hotspot, Hape Jambu, Fixed Wireless Phone F782A
5.
Modem, Router & etc : CE 782, CE
682 Sp, DF 79B, AC 81B, CE 81B, AC 2791, EC 176-2, TR 8881, EC 306-2, AR 910B,
DF 79B, HR 950B, AC 692, AR 918B, DF 78AH
Services :
1. BlackBerry
Service
2. Data Service
: Connex,
Connex Evo, Evdo Rev-B, Tips & Trick, FAQ Connex, Login Data User
3. International
Service : VOIP, Roaming, Free IDD
4. Smartfren
World
5. Reload
Service
6. Layanan Pelanggan
7. M-Commerce :
Uangku,
Smart Dompet, BCA SMS Banking, BII Mobile Banking, MBPKRS, Kirim Pulsa,
Pedagang Pulsa, Smart Kupon, Games Credit, M-tix
8. Business
Solution
9. Smart Plan
Susunan
Direksi & Dewan Komisaris PT Smartfren Telecom Tbk per 13 Juni 2013:
Dewan Komisaris
|
||
|
Presiden Komisaris
|
: Ir.
Gandi Sulistiyanto Soeherman
|
|
Komisaris/Independen
|
: DR.
Ir. Deddy Saleh
|
|
Komisaris/Independen
|
: Ir.
Sarwono Kusumaatmadja
|
|
Komisaris/Independen
|
:
Reynold Manahan Batubara
|
|
Komisaris
|
:
Handra Karnadi
|
|
|
|
|
|
|
Direksi
|
||
|
Presiden
Direktur
|
:
Rodolfo Paguia Pantoja
|
|
Direktur
|
:
Merza Fachys
|
|
Direktur
|
:
Antony Susilo
|
|
Direktur
|
:
Marco Paul Iwan Sumampouw
|
|
Direktur
|
: Yopie
Widjaja
|
Informasi Perusahaan :
PT
Smartfren Telecom Tbk, Jl. H. Agus Salim No. 45, Menteng,
Jakarta
Pusat 10340, Indonesia
Telepon
: +6221 5027 8888/5053 8888
Fax
: +6221 315 6853
Customer
Care : 088 1122 3344 atau
888
dari nomor smartfren
Investor
Relation : investor@smartfren.com
Corporate
Secretary : corpsec.divison@smartfren.com
Website
: www.smartfren.com
Ikhtisar Keuangan
& Operasional PT Smartfren Telecom Tbk Periode 2010 s/d 2012 :
Dalam
jutaan rupiah
(kecuali
dinyatakan lain)
|
2010
|
2011
|
2012
|
Ikthisar
Neraca Konsolidasian
|
|||
Jumlah
Asset Lancar
|
446.531
|
794.529
|
852.987
|
Jumlah
aset
Jumlah
kewajiban lancar
|
4.483.610
2.075.185
|
12.296.579
3.099.634
|
14.339.807
3.030.849
|
Jumlah
kewajiban
|
4.603.093
|
9.027.607
|
9.355.399
|
Jumlah
ekuitas
|
(119.483)
|
3.268.972
|
4.984.408
|
Jumlah
kewajiban dan ekuitas
|
4.483.610
|
12.296.579
|
14.339.807
|
Ikthisar
Laporan Laba Rugi Konsolidasi
|
|||
Pendapatan
usaha bersih
|
376.511
|
954.331
|
1.649.166
|
Beban
usaha
|
1.244.776
|
3.175.959
|
3.251.763
|
EBIT
|
(868.265)
|
(2.221.628)
|
(1.602.597)
|
EBITDA
|
(510.291)
|
(1.170.567)
|
(542.692)
|
Laba
(Rugi) sebelum pajak
|
(1.363.764)
|
(2.649.495)
|
(1.811.606)
|
Laba
(Rugi) bersih
|
(1.401.813)
|
(2.400.248)
|
(1.563.091)
|
Laba
(Rugi) bersih / komprehensif yang distribusikan kepada
|
|
|
|
-
Pemilik perusahaan
|
(1.401.813)
|
(2.399.936)
|
(1.562.831)
|
-
Kepentingan Non- Pengendali
|
-
|
(312)
|
(260)
|
Laba
(Rugi) per saham
(dalam
rupiah penuh)
|
|
|
|
Saham
Dasar
|
(38,9)
|
(317,7)
|
(28,7)
|
Rasio
Keuangan (%)
|
|
|
|
Marjin
EBITDA
|
(135,5)
|
(122,7)
|
(32,7)
|
Marjin
EBIT
|
(230,6)
|
(232,8)
|
(97,2)
|
Marjin
laba (rugi) bersih
|
(372,3)
|
(251,5)
|
(94,8)
|
Imbal
hasil atas aktiva
|
(31,3)
|
(19,5)
|
(10,9)
|
Imbal
hasil atas ekuitas
|
1.173,2
|
(73,4)
|
(31,4)
|
Rasio
lancar
|
21,5
|
25,6
|
28,1
|
Rasio
liabilitas atas ekuitas
|
(3.852,5)
|
276,2
|
187,7
|
Rasio
liabilitas atas aset
|
102,7
|
73,4
|
65,2
|
Informasi
Tambahan
|
|
|
|
Jumlah
saham beredar
(dalam
juta lembar saham)
|
42.881
|
118.639
|
17.796
|
Sumber :
0 comments: