Perusahan yang bergerak dalam bidang teknologi Informatika yaitu Smartfren

“Di dalam kehidupan kita yang dinamis dan penuh perubahan, konektivitas telah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. Smartfren fokus untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menghadirkan berbagai solusi, produk dan layanan inovatif agar konsumen dapat menikmati smart life.”

Profil Singkat Perusahaan
PT Smartfren Telecom, Tbk. adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMA yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (fixed wireless access), serta memiliki cakupan jaringan CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband yang setara dengan 3G) yang terluas di Indonesia. Smartfren juga merupakan operator telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B (setara dengan 3,5G dengan kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry.
Jasa dan layanan Smartfren memiliki nilai-nilai (values) yaitu sebagai mitra yang terbaik bagi pelanggan dengan menawarkan solusi yang cerdas dalam layanan-layanan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman hidup pelanggan dalam berkomunikasi.
Sebagai operator CDMA yang menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi bergerak (mobile broadband) yang terluas di Indonesia, Smartfren berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas terbaik.
Perseroan memiliki nilai-nilai yang dianut dan dipegang teguh dalam menjalankan usahanya yaitu sebagai berikut:
1. Integritas
Menempatkan perkataan atau ucapan kepada suatu tindakan nyata sehingga dapat dipercaya orang lain.
2. Sikap Positif
Menunjukkan dorongan sikap positif untuk menuju terciptanya lingkungan kerja kondusif dan saling menghargai.
3. Komitmen
Melakukan pekerjaan secara sungguh-sungguh dengan hati untuk menciptakan hasil terbaik.
4. Kesetiaan
Menumbuhkan semangat pengertian dan menerapkan nilai utama Perseroan sebagai bagian dari keluarga besar Unit Usaha Sinarmas.
5. Inovatif
Mengutarakan ide atau menciptakan produk, alat, sistem baru yang dapat meningkatkan produktifitas dan pertumbuhan Perseroan.
6. Perbaikan Terus Menerus
Senantiasa meningkatkan kemampuan diri, unit kerja danorganisasi untuk mencapai hasil terbaik.

Sejarah Perseroan
Perseroan didirikan pada bulan Desember 2002. Pada tahun 2003, Perseroan melakukan akuisisi dua operator telepon selular berlisensi, yaitu Komselindo dan Metrosel. Setelah akuisisi tersebut, Perseroan mulai beroperasi sebagai penyelenggara jasa selular berbasis teknologi CDMA.Perseroan meluncurkan produk Prabayar dengan merk “FREN” yang dioperasikan pada Desember 2003 dengan berbasis jaringan CDMA 2000-1X, dan disusul pada April 2004, peluncuran produk Pascabayar pada jaringan yang sama. Seiring dengan perkembangannya, Perseroan mengakuisisi satu lagi operator telepon berlisensi selular yaitu Telesera. Perseroan kemudian menyelesaikan peralihan sistem telekomunikasi yang digunakan oleh ketiga operator berlisensi tersebut dari sistem selular analog (AMPS) menjadi sistem selular digital CDMA.

Pada tahun 2006, Perseroan meluncurkan layanan 3G melalui jaringan CDMA EVDO, serta melakukan pencatatan perdana saham pada Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta). Tahun 2007, Perseroan menerbitkan obligasi Rupiah pertamanya yang juga dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. Kemudian Perseroan juga menerbitkan Eurobond yang dicatatkan di Bursa Efek Singapura.

Pada April 2008, Perseroan memperkenalkan fitur baru yaitu “World Passport” yang menjadikan Perseroan menjadi operator CDMA pertama di dunia yang bergabung dengan Asosiasi GSM. Hal ini memungkinkan pelanggan dapat melakukan roaming internasional keberbagai penjuru dunia, baik di jaringan selular CDMA maupun GSM.

Pada Mei 2008, Perseroan meluncurkan produk FWA (Fixed Wireless Access) Prabayar. Pada Februari 2009 Perseroan meluncurkan produk baru yaitu layanan Mobile Data pascabayar dan prabayar. Untuk lebih melengkapi portofolio produknya, pada Mei tahun yang sama Perseroan meluncurkan layanan FWA Pascabayar dan Fren Duo, yaitu layanan hybrid yang menggabungkan layanan selular dan FWA, dengan fitur ini pelanggan dapat memiliki dua nomor FWA dan selular dalam satu kartu. Pada tahun 2010 Perseroan meluncurkan 2 kartu perdana baru dengan keunggulan yang berbeda, Fren Extra dan Fren Jos. Fren Extra memberikan bonus volume data ketika mengirim SMS dan bonus pulsa ketika menerima panggilan. Sedangkan Fren Jos adalah produk hybrid seperti Fren Duo yang memberikan berbagai bonus SMS, bonus volume data dan bonus pulsa setiap pengisian pulsa biasa.

Pada awal tahun 2011, Perseroan melakukan aksi korporasi dengan meningkatkan modal ditempatkan dan disetor penuh untuk mengakuisisi PT Smart Telecom (Smartel) dan kemudian melakukan perubahan nama dari sebelumnya PT Mobile-8 Telecom Tbk menjadi PT Smartfren Telecom Tbk. Aksi korporasi ini bertujuan untuk melakukan sinergi dengan Smartel dalam berbagai aspek, di antaranya pengembangan infrastruktur jaringan, peningkatan efisiensi operasional, perluasan jaringan pemasaran dan penggabungan merek dagang menjadi “smartfren”.
Pada Juni 2011, Perseroan meluncurkan produk unggulan yaitu USB Modem tipe AC682, dibarengi dengan kampanye “I hate slow” dengan maskot baru bernama Mr. Kwik. Layanan data ini menghadirkan akses data kecepatan tinggi dengan mengusung teknologi EV-DO Rev. A dengan kecepatan download mencapai 3,1 Mbps.

Pada akhir tahun 2011, Perseroan kembali meluncurkan gebrakan baru dengan mengusung teknologi CDMA EV-DO Rev. B yang menghadirkan layanan internet super cepat dengan kecepatan download mencapai 14,7 Mbps.

Pada awal tahun 2012, Perseroan melakukan aksi korporasi lagi dengan melakukan Penggabungan Nilai Saham (Reverse Stock Split) untuk menghidupkan kembali perdagangan sahamnya di bursa efek, dan diikuti dengan Penawaran Umum Terbatas II yang dimaksudkan untuk memperkuat struktur permodalan Perseroan.

Pada tahun 2012, Perseroan melanjutkan ekspansi dengan terus mengembangkan cakupan jaringan dan varian produk. Beberapa produk yang diluncurkan pada jajaran smartphone berbasis  Android adalah Seri Andromax, yang diluncurkan sepanjang 2012 dengan beberapa tipe varian (Smartfren Andro, Andromax-i, dan Andromax Tab 7.0). Perseroan juga menyediakan layanan BlackBerry kepada pelanggan, dengan beragam paket berlangganan sesuai kebutuhan dari pelanggan di antaranya paket Hebat, Hemat Simple, Mail, Social, dan Sosialita. Pada segmen feature phone Perseroan meluncurkan produk unggulan seperti telepon genggam X-Stre@m EV-DO Hotspot danJambu. Pada produk USB modem, Perseroan meluncurkan berbagai varian seperti USB modem super tipis CE/AC782 dengan teknologi EV-DO Rev. A, USB modem WiFi EV-DO Rev. B DF 79B, Mini Router AR910B dan WiFi Router HR950B yang mengusung teknologi EV-DO Rev. B. Di samping itu Perseroan juga meluncurkan layanan data yang baru yang dikenal dengan Smartfren Connex EVO (Extra Volume Only) yang merupakan paket langganan data dimana pulsa isi ulang (top-up) akan otomatis dikonversi menjadi volume data sesuai dengan besarnya denominasi pulsa.

Perseroan juga melakukan ekspansi untuk memperluas jangkauan areanya yaitu dengan menambah jumlah BTS (Base Transceiver Stations) dengan cara menyewa ke beberapa penyedia menara.Terkait dengan layanan data, Perseroan juga menambah kapasitas lebar pita dalam negeri maupun keluar negeri untuk memastikan kenyamanan dari pelanggan yang menggunakan internet khususnya untuk dapat terus menikmati pengalaman berinternet yang cepat dan memuaskan.

Pada akhir 2012, jangkauan layanan Perseroan telah mencakup seluruh pulau Jawa–Bali, sebagian wilayah Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, Sulawesi, serta Kalimantan. Perseroan memiliki kurang lebih 11 juta pelanggan, dengan didukung oleh 83 galeri milik sendiri dan 70 Smile galeri hasil kerjasama dengan distributor yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Produk PT Smarftfren Telecom, Tbk :
1.      Kartu Smartfren : Pra Bayar, Pasca Bayar
2.      Kartu Ummat
3.      Smartphone & Tablet : Andro 4.0, Andromax 3.5, Andromax-i 4.0, Andromax Tab 7.0, Andromax Tab 7.0 New, HTC Desire VC, Andromax-U 4.5, Andromax-i 4.0 New, Andromax C, Ascend W1, Andromax V 5.0, Alcatel One Touch, Andromax U 4.5 Limited, HTC One, Andromax U2
4.      Basic Phone : Xstream E781A, Xstream Hotspot, Driver Xstream Hotspot, Hape Jambu, Fixed Wireless Phone F782A
5.      Modem, Router & etc : CE 782, CE 682 Sp, DF 79B, AC 81B, CE 81B, AC 2791, EC 176-2, TR 8881, EC 306-2, AR 910B, DF 79B, HR 950B, AC 692, AR 918B, DF 78AH

Services :
1.      BlackBerry Service
2.      Data Service : Connex, Connex Evo, Evdo Rev-B, Tips & Trick, FAQ Connex, Login Data User
3.      International Service : VOIP, Roaming, Free IDD
4.      Smartfren World
5.      Reload Service
6.      Layanan Pelanggan
7.      M-Commerce : Uangku, Smart Dompet, BCA SMS Banking, BII Mobile Banking, MBPKRS, Kirim Pulsa, Pedagang Pulsa, Smart Kupon, Games Credit, M-tix
8.      Business Solution
9.     Smart Plan                                        
Susunan Direksi & Dewan Komisaris PT Smartfren Telecom Tbk per 13 Juni 2013:
Dewan Komisaris

      Presiden Komisaris 
: Ir. Gandi Sulistiyanto Soeherman

      Komisaris/Independen
: DR. Ir. Deddy Saleh

      Komisaris/Independen
: Ir. Sarwono Kusumaatmadja

      Komisaris/Independen            
: Reynold Manahan Batubara
    
      Komisaris
: Handra Karnadi





Direksi

     Presiden Direktur
: Rodolfo Paguia Pantoja

     Direktur
: Merza Fachys

     Direktur
: Antony Susilo

     Direktur
: Marco Paul Iwan Sumampouw

     Direktur
: Yopie Widjaja

Informasi Perusahaan :
PT Smartfren Telecom Tbk, Jl. H. Agus Salim No. 45, Menteng,
Jakarta Pusat 10340, Indonesia
Telepon : +6221 5027 8888/5053 8888
Fax : +6221 315 6853
Customer Care : 088 1122 3344 atau
888 dari nomor smartfren
Investor Relation : investor@smartfren.com
Corporate Secretary : corpsec.divison@smartfren.com


Ikhtisar Keuangan & Operasional PT Smartfren Telecom Tbk Periode 2010 s/d  2012 :
Dalam jutaan rupiah
(kecuali dinyatakan lain)
2010
2011
2012
Ikthisar Neraca Konsolidasian
Jumlah Asset Lancar
  446.531
    794.529
    852.987
Jumlah aset
Jumlah kewajiban lancar
4.483.610
2.075.185
12.296.579
  3.099.634
14.339.807
  3.030.849
Jumlah kewajiban
4.603.093
  9.027.607
  9.355.399
Jumlah ekuitas
(119.483)
  3.268.972
  4.984.408
Jumlah kewajiban dan ekuitas
4.483.610

12.296.579
14.339.807
Ikthisar Laporan Laba Rugi Konsolidasi
Pendapatan usaha bersih
  376.511
   954.331
 1.649.166
Beban usaha
1.244.776
 3.175.959
 3.251.763
EBIT
   (868.265)
 (2.221.628)
 (1.602.597)
EBITDA
   (510.291)
 (1.170.567)
    (542.692)
Laba (Rugi) sebelum pajak
 (1.363.764)
 (2.649.495)
 (1.811.606)
Laba (Rugi) bersih
 (1.401.813)
 (2.400.248)
(1.563.091)
Laba (Rugi) bersih / komprehensif yang distribusikan kepada



- Pemilik perusahaan
(1.401.813)
(2.399.936)
(1.562.831)
- Kepentingan Non-    Pengendali
-

          (312)
          (260)
Laba (Rugi) per saham
(dalam rupiah penuh)



Saham Dasar
         (38,9)
            (317,7)
   (28,7)
Rasio Keuangan (%)



Marjin EBITDA
(135,5)
(122,7)
(32,7)
Marjin EBIT
(230,6)
(232,8)
(97,2)
Marjin laba (rugi) bersih
(372,3)
(251,5)
(94,8)
Imbal hasil atas aktiva
  (31,3)
(19,5)
(10,9)
Imbal hasil atas ekuitas
1.173,2
(73,4)
(31,4)
Rasio lancar
    21,5
25,6
28,1
Rasio liabilitas atas ekuitas
(3.852,5)
276,2
187,7
Rasio liabilitas atas aset
102,7
73,4
65,2
Informasi Tambahan



Jumlah saham beredar
(dalam juta lembar saham)
42.881
118.639
17.796



Sumber :

0 comments:

Copyright © 2013 BUDIAZIZ KIRANA