Suku Jawa

Suku jawa merupakan suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta, setidaknya sekitar 41,7% penduduk Indonesia merupakan etnis jawa.
Selain di ke 3 provinsi tersebut suku jawa bertempat tinggal di Lampung, Banten, Jakarta, dan masih banyak lainya.
Bahasa
Orang-orang Suku Jawa dalam bertutur kata sehari-hari mereka lebih dominan menggunakan bahasa jawa. Survey pada majalah tempo mengemukakan pada awal dasawarsa 1990-an sekitar 12% dari orang-orang jawa menggunakan bahasa Indonesia, dan sekitar 18% menggunakan bahasa jawa-bahasa Indonesia biasa di sebut bahasa campuran. Selebihnya dari orang suku jawa menggunakan bahasa jawa sepenuhnya dalam bertutur kata.

Dalam Bahasa Jawa memiliki aturan perbedaan kosa kata dan intonasi berdasarkan hubungan antara pembicara dan lawan bicara, yang dikenal dengan unggah-ungguh. Aspek kebahasaan ini memiliki pengaruh sosial yang kuat dalam budaya Jawa, dan membuat orang Jawa biasanya sangat sadar akan status sosialnya di masyarakat.
Kepercayaan
Orang-orang Jawa sebagian besar mereka menganut agama Islam. Akan tetapi ada juga yang menganut agama Protestan dan Katolik. Mereka yang terdapat di pedesaan.
Penganut agama Budha dan Hindu bisanya juga di temukan diantara mereka.
Selain itu masyarakat jawa memiliki kepercayaan agama tersendiri agama tersebut di sebut agama Kejawen. Timbulnya kepercayaan tersebut berdasarkan kepercayaan animisme dengan pengaruh Hindu-Buddha yang kuat. Masyarakat Jawa terkenal akan sifat sinkretisme kepercayaannya. Semua budaya luar yang masuk akan di serap dan di tafsirkan sesuai dengan nilai-nilai jawa sehingga kepercayaan seseorang kadangkala menjadi kabur dan hilang.

Profesi
Kebanyakan orang Jawa berprofesi sebagai petani,akan tetapi pada pekerjaan perkantoran mereka mendominasi atau menduduki sebagai pegawai negeri sipil, BUMN, anggota DPR/DPRD, pejabat eksekutif, pejabat legislatife, bidang militer.Orang Jawa adalah sebuat etnis yang paling banyak menduduki bidang artis dan model. Orang jawa banyak yang bekerja di luar negeri sebagai buruh dan pembantu rumah tangga. Di luar negeri orang jawa lebih banyak di temui di Negara Malaysia, Singapura, Filiphina, Jepang, Eropa, AS, Taiwan, Arab, dan masih banyak yang lainya.
Kesenian
Orang Jawa terkenal dengan budaya seninya yaitu wayang yang dipengaruhi oleh agama Hindu-Buddha yang menjadi sangat popular di masyarakat jawa. cerita wayang atau lakon sebagian besar berdasarkan menceritakan tentang raja Ramayana dan Mahabharata.selain seni wayang suku jawa memiliki  Seni membatik dan keris yang juga sangat melekat pada masyarakat jawa. Dari seni musik mereka memiliki seni musik Gamelan.

Tokoh dari Jawa
  • Soekarno, Proklamator dan mantan Presiden Republik Indonesia.
  • R.A. Kartini, pahlawan nasional
  • HM. Soeharto, Mantan Presiden Republik Indonesia.
  • Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia.
  • Wahid Hasjim, Pahlawan nasional Indonesia dan menteri negara dalam kabinet pertama Indonesia
  • Wage Rudolf Supratman, Pencipta lagu "Indonesia Raya".


0 comments:

Copyright © 2013 BUDIAZIZ KIRANA